Melayani 3 Desa dan 1 Kelurahan, Bupati Samosir Disambut Antusias Masyarakat

Kehadiran Bupati Samosir disambut antusias masyarakat, tokoh masyarakat hingga anak sekolah dalam pelayanan yang dilaksanakan pada Desa Rianiate, Parmonangan, Hutanamora dan Kelurahan Pintusona, Senin (12/2/2024).

topmetro.news – Kehadiran Bupati Samosir disambut antusias masyarakat, tokoh masyarakat hingga anak sekolah dalam pelayanan yang dilaksanakan pada Desa Rianiate, Parmonangan, Hutanamora dan Kelurahan Pintusona, Senin (12/2/2024).

Pelayanan gratis yang dibawa Bupati Samosir dipadati warga, mulai dari pengurusan adminduk, pelayanan kesehatan, dan lainnya. Berbagai pelayanan gratis lainya pengurusan BPJS gratis, pengurusan perizinan berusaha, pelayanan KB, penyuluhan stunting dan sosialisasi kekerasan perempuan dan anak. Penyuluhan UMKM, pelatihan pembuatan pupuk organik/POP, penyuluhan penyakit rabies.

Selain itu, Bupati Samosir juga memberikan bantuan pupuk organik kepada kelompok tani, bantuan pendidikan untuk memotivasi siswa berprestasi, bantuan tambahan gizi untuk stunting.

Turut hadir anggota DPRD Samosir Marko C Simbolon, Staf Ahli Bupati Rudi SM Siahaan, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, para pimpinan OPD, dan Camat Pangururan.

Kebanggaan warga terungkap dengan pemberian Ulos oleh tokoh masyarakat dari 3 desa dan 1 kelurahan kepada Bupati Samosir. “Sejak ada Kabupaten Samosir baru pertama kali ini ada Bunga Desa. Kami gembira. Semoga ke depan dengan kebanggaan hati kami, pelayanan dapat semakin baik,” kata tokoh masyarakat, Timur Sitanggang saat pemberian Ulos.

Vandiko T Gultom mengatakan, Bunga Desa merupakan wadah untuk melihat secara langsung keadaan masyarakat dan kondisi desa. Juga untuk membawa pendekatan pelayanan kepada masyarakat, sehingga pelayanan merata.

“Masyarakat yang di kota dan di desa harus mendapat pelayanan yang sama. Semuanya mendapat kesempatan yang sama dalam pelayanan, sehingga adil. Banyak pelayanan yang kami bawa, tolong manfaatkan sebaik mungkin,” ucap Vandiko.

Dalam kesempatan itu Vandiko mengingatkan kepala desa/perangkat desa dan BPD untuk bersinergi. Menjauhkan ego sektoral yang berdampak pada pelayanan kepada masyarakat.

Anggaran

Menjawab kebutuhan/usulan masyarakat, dalam setiap kunjungan ke desa, Bupati Samosir selalu memberikan tambahan anggaran untuk pembangunan. Yakni untuk Desa Rianiate Rp100 juta membantu lanjutan pembangunan saluran irigasi pompa PLTS. Desa Parmonangan Rp150 juta untuk peningkatan Jalan Sp HKBP-Buntu Mauli. Rekontruksi Jalan Lumban Julu sebesar Rp200 juta untuk Desa Hutanamora. Serta Kelurahan Pintusona Rp100 juta untuk pembangunan Jalan Sitalametang Londut Lingkungan I.

Selain itu Vandiko menyebutkan untuk tahun 2024 Desa Rianiate akan mendapat pembangunan Jalan Sidamdam-Sihusapi Rp100 juta. Lanjutan peningkatan Simpang Jalan Nasional-Parmonangan Rp1 miliar. Rehabilitasi toilet dan sanitasi SDN 14 Rianiate Rp50 juta. Rehabilitasi ruangan kelas SDN 14 Rianiate Rp770.460.000. Pembangunan ruang guru dan laboratorium komputer SDN 14 Rianiate Rp535.200.000.

Untuk Desa Parmonangan ada pembangunan jalan desa Rp150 juta, pembangunanan jalan lingkungan Pansur Dusun II Rp200 juta. Desa Hutanamora mendapat pembangunan pompanisasi/pipanisasi Rp150 juta, lanjutan pembangunan jalan desa Rp150 juta. Peningkatan Jalan Sitaotao Sitanggang Uruk Rp100 juta.

“Inilah fungsinya saya berkantor di desa. Kalau ada permohonan bisa langsung dieksekusi dan program yang sudah berjalan bisa dicek langsung. Saya pastikan seluruh desa mendapatkan pembangunan dari APBD, walaupun besarannya tidak sama tergantung skala prioritas,” ungkapnya.

Untuk menunjang dan mempercepat pembukaan jalan sesuai permintaan masyarakat, Bupati Samosir mengambil terobosan dengan mengerahkan alat berat. Dengan harapan, agar masyarakat bersepakat untuk melepaskan lahan. Sehingga ketika alat berat sudah bekerja tidak ada kendala dan bisa maksimal dan untuk sirtunisasi koordinasi dengan Dinas PUTR.

Anggota DPRD Marco C Simbolon menyampaikan akan mendorong pemerintah dengan memanfaatkan anggaran yang sedikit memenuhi kebutuhan masyarakat. Tentunya berdasarkan skala prioritas.

Pada rangkaian Program Bunga Desa, Bupati Samosir monitoring sirtunisasi Dusun III Desa Parmonangan-Paraduan sepanjang 4,5 km, pembukaan jalan baru Sosor Ganda Rianiate-Paraduan 800 meter, dan pembukaan JUT sepanjang 800 meter di Holang-holang Kelurahan Pintusona.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment